Karakter, Identitas Siswa

Sebagai murid, tentu sekolah adalah rutinitas kami. Uniknya, di MS High, kami tidak hanya diajarkan pelajaran yang biasa ditemui siswa, melainkan, karakter kami dibentuk sedemikian rupa untuk menyiapkan kami di masa depan.

Bahkan, tema tahun ajaran MS High yang lalu adalah RESPECT. Respect, atau menghormati, adalah salah satu faktor yang penting dalam hal membentuk karakter. Tentu, menjalankan sikap ini tidak mudah. Namun, semua membutuhkan proses. Selain murid, guru juga ikut mendukung tema ini dengan memberikan contoh sikap respect.

Sikap yang ditekuni ini menjadi suatu kebiasaan, yang pada akhirnya membantu memudahkan siswa untuk memiliki karakter yang hormat. Tidak hanya itu, karakter-karakter yang diajarkan sekolah selain respect ikut membantu pembelajaran siswa. Contohnya, karakter disiplin yang diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Disiplin dalam waktu mengajarkan anak untuk bisa membagi waktu dalam aktivitasnya dengan baik.

Kami mendapatkan pelajaran khusus tentang karakter di sekolah kami. Character lesson diberikan kepada murid setidaknya 1 minggu sekali. Tiap 4 kali pertemuan diberikan topic karakter yang baru dan bervarietas. Murid-murid jadi bisa mengetahui beragam karakter yang mereka bisa terapkan dalam hidup mereka. Tiap topic karakter diberikan tugas atau proyek untuk dilakukan serta dipraktekkan kepada sekitarnya. Sehingga murid bisa menvisualisasi dan lebih mengerti dalam pelajaran. Tugas dan proyek yang diberikan tidak membosankan karena selalu beragam. Guru kami pernah memberikan proyek my dream yang berisikan rencana-rencana dan impian untuk masa depan. Proyek ini bertujuan untuk mengajari murid agar bisa mempunyai tujuan di masa depannya. Mempunyai tujuan dalam hidup mereka membantu untuk memotivasi diri ke sekolah dan belajar.

Kami bersemangat untuk membangun karakter masing-masing agar menjadi pribadi yang lebih baik. Sekolah sangat mendukung dan memberikan dasar yang kuat kepada murid tentang karakter. Tujuan sekolah dalam mencerdaskan bangsa mungkin merupakan tujuan utama. Tetapi, membangun karakter murid juga tidak kalah penting demi masa depan bangsa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s